24/11/09

Mengatasi Masalah Kelupaan


Lupa memang membuat kita seringkali merasa kesal, apalagi disaat lupa membawa barang yang penting bagi kita seperti bahan untuk presentasi, handphone. Uuhhh... Rasanya dunia hampa, sampai-sampai ingin kembali kerumah hanya untuk mengambilnya, tapi apa daya tangan tak sampai. Nahh… berikut ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.


1. Menjaga Kesehatan.
Kesehatan memang sudah pasti menjadi tolak ukur kehidupan yang paling utama. Terlebih diperkuat oleh pendapat para dokter dan pakar kesehatan yang mengatakan bahwa olahraga dapat melancarkan dan memperbaiki sirkulasi darah ke otak. Dengan menjaga kesehatan secara langsung memberi pengaruh positif pada otak. Kinerja otak dapat bekerja dengan lebih maksimal dan otak dapat bekerja lebih segar sehingga akan memudahkan anda untuk mengingat segala sesuatu yang akan dan sudah anda lakukan.


2. Update Kegiatan.
Kejenuhan seringkali membuat suasana hati kita menjadi kurang baik, dan ini sudah pasti berpengaruh pada kinerja kita dalam beraktifitas. Dengan demikian carilah dan lakukan hal-hal baru. Dengan melakukan aktifitas yang baru secara tidak langsung kita mendapatkan pengalaman baru yang akan menyegarkan pikiran kita. Kitapun dapat memaksimalkan daya ingat kita agar terhindar dari masalah lupa. Hal ini juga dikemukakan oleh beberapa ahli medis yang mengklaim bahwa pengalaman baru dapat menyegarkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer.


3. Belajar mengatur hidup dengan lebih terencana.
Hal ini sebenarnya sudah biasa kita lakukan dari kecil, namun karena rutinitas yang semakin banyak kita mengesampingkan hal kecil yang berpengaruh besar. Sudah saatnya kita memulai kebiasaan kecil tersebut lagi. Dengan hidup lebih teratur dan terencana kita dapat lebih mudah meningkatkan daya ingat kita.


4. Biasakan mencatat hal-hal penting.
Hal ini lebih cenderung dilakukan oleh individu yang memiliki daya ingat yang sangat minim. Sehingga diperlukan alat Bantu berupa catatan kecil mengenai hal-hal yang telah dilakukan, janji-janji, dan hal yang ingin dilakukan. Kemudian letakkan catatan tersebut di meja atau ditempat lain yang sering kita kunjungi. Ini merupakan cara yang paling efektif agar anda tidak lupa dengan semua janji dan hal-hal yang telah lita buat.


5. Berpikir positif.
Berpikir positif membantu kita untuk lebih menenangkan jiwa dan pikiran kita dari segala hal negative yang terlintas. Jiwa yang tenang membantu kita menyegarkan pikiran kita untuk mampu mengingat hal-hal penting maupun kecil yang telah kita lalui.


6. Konsentrasi.
Tidak hanya ketika belajar atau mengikuti kegiatan pembelajaran kita dituntut untuk berkonsentrasi, tapi dalam melakukan berbagai aktifitas pun konsentrasi memegang peranan penting agar tidak terjadi masalah karena daya ingat yang menurun. Belajar mengontrol konsentrasi membantu kita mengingat hal-hal yang telah kita kerjakan.

Nah.. sekarang sudah tahu kan tips-tips jitu menghadapi sifat kita yang mudah melupakan sesuatu? Semoga bermanfaat. ■ Intana & Anna



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger